SELAMAT DATANG DI SOLATA BLOG SEMOGA KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG SEDERHANA INI MEMBERIKAN INFORMASI YANG ANDA BUTUHKAN.

Wisata Rohani Katolik Akan Dibangun di Sangalla', Toraja

| 0 komentar
Sebuah tempat wisata rohani Keluarga Kudus dari Nazareth akan dibangun di Kabupaten, Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tempat wisata rohani Katolik ini akan menjadi yang pertama di luar Nazareth.
Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pembangunan Wisata Rohani Keluarga Kudus di Toraja Laksdya (Purn) Christina Maria Rantetana, seusai perayaan Paskah (kebangkitan Yesus dari wafat-Nya) oleh Persekutuan Umat Katolik Toraja (PUKAT) di Jakarta, Sabtu (16/5) malam, di anjungan Sulawesi Selatan (Sulsel), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Menurut Christina, tempat wisata rohani ini akan dibangun di Kecamatan Sangalla', tepatnya di Kampung Sa'pang Bayo, tempat kelahiran Uskup Mgr John Liku Ada Pr, putra pertama Toraja yang menjadi uskup.
Uskup Agung Makassar sendiri mendukung tempat wisata tersebut dengan harapan dapat meningkatkan iman Kristiani masyarakat Toraja dan masyarakat lainnya yang berkunjung ke sana.
Disebutkan, pembangunan pusat ziarah dan wisata rohani ini dipelopori oleh masyarakat Katolik asal Toraja di Jabodetabek yang bergabung dalam PUKAT.

Mantan Bupati Tana Toraja Tarsis Kodrat yang juga sesepuh PUKAT mengatakan, PUKAT dalam beberapa kali pertemuan di Jakarta menginventarisasi tujuh lokasi yang menjadi calon tempat dibangunnya wisata rohani itu. Dari tujuh lokasi itu,  pengurus PUKAT sepakat memilih Sangalla.
Tarsis mengajak warga Katolik Toraja di perantauan untuk bersama-sama mendukung pembangunan tempat wisata itu. Menurut Tarsis, pusat ziarah tentang keluarga kudus dari Nazareth (Yesus, Maria, dan Yusuf) saat ini belum ada di tempat lain, selain di Nazareth.

Ketua PUKAT Michael Andin Piter mengajak warga Katolik asal Toraja di perantauan untuk membantu pembangunan pusat ziarah dan wisata rohani tersebut. PUKAT sendiri telah memulainya dengan mengajak anggota menyisihkan minimal Rp 20.000 per bulan.
Sementara itu, perayaan Paskah yang digelar di anjungan Sulawesi Selatan itu berlangsung meriah dan dipimpin Uskup Agung Keuskukan Agung Makassar Mgr John Liku Ada' Pr didampingi dua pastor asal Toraja, Geries Rantetana SX dan John Payuk CICM.

Hadir dalam acara ini para tokoh dan sesepuh masyarakat Toraja seperti Laksdya (Purn) Christina Maria Rantetana, mantan Bupati Tana Toraja Tarsis Kodrat, mantan Dubes RI untuk Venezuela dan Amerika Latin Alfred T Palembangan, mantan Dubes RI untuk Korea Selatan Nico Dammen, hakim agung Lumme.

Sumber: http://www.beritasatu.com
 

0 komentar: