SELAMAT DATANG DI SOLATA BLOG SEMOGA KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG SEDERHANA INI MEMBERIKAN INFORMASI YANG ANDA BUTUHKAN.

Pembangunan Bandara Baru Toraja Dapat Suntikan Dana Rp174 M

| 0 komentar
Pemerintah pusat kembali menggelontorkan anggaran sebesar Rp174 miliar untuk kelanjutan pembangunan bandar udara baru di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja tahun ini.
Hal itu diungkapkan oleh Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, kepada Palopo Pos Senin, 11 Mei kemarin.
"Iya, tahun ini ada tambahan anggaran sebesar Rp174 miliar untuk melanjutkan pembanguan bandara di Mengkendek," ucap Theofilus.
Menurut Theofilus, anggaran Rp174 miliar itu bersumber dari Anggaran Pemerintah Belanja Negara (APBN) tahun 2015. Dijelaskan Theofilus, dari total anggaran tersebut, Rp100 miliar diantaranya sudah dalam proses lelang (tender). Sedangkan Rp74 miliar sisanya yang merupakan dana tambahan APBN masih dalam persiapan tender oleh pemerintah pusat.
Disebutkannya, kucuran dana segar ratusan miliar dari pemerintah pusat tersebut dimaksudkan untuk mendukung percepatan pembangunan bandara baru di Tana Toraja. Ditargetkan, pembangunan bandara baru yang berlokasi di Buntu Kunyi, Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja tersebut sudah bisa rampung akhir tahun 2017 mendatang.
"Bapak Wapres, Jusuf Kalla sangat mendukung pembangunan bandara baru di Tana Toraja. Sesuai arahan beliau, tahun 2017 bandara ini sudah selesai dibangun dan mulai beroperasi pada tahun 2018," sebut Theofilus.
Mantan Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan ini, mengatakan bandara baru yang sementara dibangun di Kabupaten Tana Toraja dirancang bertaraf internasional dan bisa didarati pesawat berbadan lebar. Keberadaan bandara baru itu akan sangat mendukung pengembangan dan kemajuan pariwisata Toraja kedepan.
"Kondisi pariwisata Toraja saat ini masih terkendala sarana transportasi. Wisatawan yang akan berkunjung ke Toraja harus menempu jalur darat hingga 7-8 jam lamanya dari Makassar," katanya.
Lamanya jarak tempuh menggunakan transportasi darat menyebabkan wisatawan yang berkunjung ke Toraja lebih banyak menghabiskan waktunya di perjalanan. Untuk menjawab keluhan wisatawan itu, perlu ada transportasi yang cepat yakni transportasi udara. Bandara baru Toraja juga akan membuka konektivitas perhubungan udara bukan hanya dalam negeri saja tetapi juga penerbangan wisata langsung dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan negara Eropa. "Bandara baru Toraja diyakini akan mengembalikan citra pariwisata Toraja sebagai daerah tujuan wisata nasional kedua setelah Bali, tandasnya. (ave/asm/t)

Sumber: http://palopopos.co.id/toraja/item/5528-bandara-dapat-suntikan-dana-rp174-m.html
 

0 komentar: