SELAMAT DATANG DI SOLATA BLOG SEMOGA KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG SEDERHANA INI MEMBERIKAN INFORMASI YANG ANDA BUTUHKAN.
| 0 komentar

Kopi Toraja Dipamerkan di Amerika Serikat



Selain kopi Toraja, Indonesia menampilkan kopi spesial lainnya dari berbagai daerah, antara lain Mandailing, Java Preanger, Flores, Linthong, Gayo, Java Arabika, Lampung, Bali Kintamani, Papua Jayawijaya, Papua Pegunungan Bintang, Kopi Luwak, Kopi Lanang, dan Kopi Gajah.
Banyak yang menyadari jika Sulsel kaya dengan potensi hasil perkebunan. Selain kopi ada kakao, tidak terkecuali beras.
Yang patut menjadi bahan evaluasi ketika
brand kopi Toraja dan Enrekang harus dikomersilkan oleh pengusaha luar Sulsel. Artinya, nikmatnya kopi Toraja ikut dinikmati pengusaha non Sulsel sekaligus dengan nikmatnya keuntungan yang datang bak banjir yang mengalir deras.
Saatnya pengusaha lokal muncul dengan membawa brand seperti itu. Bahan bakunya lokal, tapi brandnya mendunia. Meski demikian, kita hanya bisa bersyukur ketika petani ikut menikmati hasil kopi itu saat menjual kopi mentah ke para tengkulak.
Selain sebagai bahan evaluasi, patut menjadi kebanggaan untuk sementara ini brand dan cita rasa yang sudah terkenal hingga beberapa negara.
Dari pameran di Amerika Serikat (AS), kopi Indonesia dilaporkan laris manis. Pemesanan yang berupa fix order dan trial order ini lebih banyak didominasi oleh produk kopi Arabica Toraja, Mandailing, dan Papua.
Berdasarkan data statistik, ekspor kopi Indonesia ke AS terus menunjukkan peningkatan. Total ekspor produk kopi Indonesia ke AS pada 2011 mencapai 326 juta dolar AS, atau meningkat 37,61 persen dibandingkan 2010 yang mencapai 237 juta dolar AS.
Sedangkan, dari data statistik perdagangan Indonesia-AS pada Januari 2012, ekspor kopi Indonesia mencapai 33,3 juta dolar AS, atau meningkat 68 persen diban­ding periode yang sama pada 2011 yaitu 19,8 juta dolar AS.
Selain kepada masyarakat AS, Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan kopi Indonesia kepada partisipan SCAA lainnya yang berasal dari berbagai negara.
Dalam pameran tersebut, hadir juga beberapa ne­gara produsen kopi seperti Brazil, Costa Rica, El Savador, Ethiopia, Guatemala, Honduras, India, Kenya, Meksiko, Peru, Puerto Rico, dan Uganda. (*)

0 komentar: