SELAMAT DATANG DI SOLATA BLOG SEMOGA KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG SEDERHANA INI MEMBERIKAN INFORMASI YANG ANDA BUTUHKAN.

Pemkab Toraja Utara Gagas Desain Taksi Toraja (Sitor)

| 0 komentar
Pemkab Toraja Utara menggagas untuk membuat SiTor (Taksi Toraja- Sebutan bagi angkot di Toraja, bermesin motor berbadan becak), dengan desain yang lebih modern.

Rencana tersebut terungkap saat Dinas perhubungan (Dishub) menggelar pertemuan dengan stakeholder terkait, di ruang pola bupati, belum lama ini, Senin (4/1/2013).

Kepala Dishub Toraja Utara, Johny Parubak, mengatakan Sitor selain sebagai angkutan umum, juga akan difungsikan untuk menunjang pariwisata. Sitor disain baru ini menjadi angkutan wisatawan ke obyek wisata.


Lanjut ditambahkannya Pemkab Toraja Utara (Torut) memaksimalkan SDM daerah dengan melibatkan pelajar STM Kr Tagari. Salah satu sekolah jurusan di daerah ini dipercayakan untuk mendisain angkutan umum.

“Didisain khusus untuk memberikan rasa nyaman, aman, lebih enak dipandang, keren, dan dihiasi motif bercirikan Toraja, Pembuatannya oleh pelajar STM Tagari, bekerjasama dengan Dishub Torut” ucap Johny.

Keamanan penumpang menjadi salah satu faktor yang diimplementasikan melalui model sitor ini. Sebab, kata Johny, sitor yang ada saat ini pengemudinya berada di belakang. Sitor baru pengemudi berada di depan, sehingga meminimalisir terjadinya kerawanan kecelakaan.

Johny menjelaskan, model desain sitor ini sudah di ekspos didepan bupati serta Muspida dan pimpinan SKPD, respon positif ditunjukkan Bupati dengan meminta Dishub agar disain sitor dihak patenkan sebagai hasil karya pelajar daerah ini.

Ditemui Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan, Innocentius Rantepasan, menambahkan selain tampilan lebih menarik dengan ciri khas Toraja. Juga tenaga dan daya dorong sitor ini lebih besar, yang disesuaikan dengan kondisi jalan penuh tanjakan di Toraja. Sementara mesin motor sitor bekerjasama dengan Viar.

Sitor ini mampu memuat tiga orang dengan beban bawaan sekitar 5 ton. Dua buah sampelnya telah dianggarkan dalam APBD senilai 40 juta, dengan masa sosialisasi selama satu tahun, ujar Innocentius.

“Launching direncanakan pada Juli 2013 bertepatan hari jadi Torut ke-5,” Innoentius menutup.

Bila melihat gambar disain sitor terlihat cukup menarik. Pada bagian sisi kiri dan kanan badan sitor, dihiasi motif Toraja. Sementara pada bagian ruang duduk penumpang terlihat cukup lapang.
Sitor adalah salah satu jenis angkot, oleh masyarakat Toraja menyebutnya Sitor. Keberadaan Sitor diperkirakan capai sekira 700 unit. Sitor-sitor ini pula bersama kendaraan lainnya memadati jalan kota yang memang sempit.

0 komentar: