SELAMAT DATANG DI SOLATA BLOG SEMOGA KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG SEDERHANA INI MEMBERIKAN INFORMASI YANG ANDA BUTUHKAN.

Patung Yesus Kristus raksasa di bangun di kawasan rohani Buntu Burake

| 0 komentar
ilustrasi, patung Tuhan Yesus yang akan di bangun
  ilustrasi, patung Tuhan Yesus yang akan di bangun
Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja berencana membangun patung Yesus Kristus berukuran raksasa di kawasan wisata rohani Buntu (bukit) Burake kecamatan Makale.
“Kami sementara membuat desain patung Yesus Kristus yang rencana di bangun di puncak Buntu Burake. Patung Yesus Kristus ini dengan tinggi 35 meter akan memecahkan rekor patung Yesus Kristus tertinggi di dunia yang ada di Polandia setinggi 33 meter,” ujar Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.
Theofilus menjelaskan patung ukuran

raksasa itu akan menjadi simbol Tana Toraja sebagai tempat wisata religi. Di sekitar patung Yesus Kristus juga rencana di bangun lanscap dan bangunan-bangunan sebagai tempat bagi wisatawan untuk melakukan rekreasi keagamaan. Pemerintah juga akan membangun anak tangga mulai dari tempat parkir kendaraan memutari bukit hingga ke puncak Buntu Burake sebanyak 7.777 buah. Jumlah anak tangga itu sesuai dengan keyakinan nenek moyang suku Toraja yakni ajaran Aluk Sanda Pitunna.

Theofilus menyatakan, Pemkab Tana Toraja sudah memprogramkan pembangunan kawasan wisata Buntu Burake termasuk pembuatan patung Yesus Kristus secara bertahap dan diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp20 miliar-Rp25 miliar.
Pada tahap pertama, pemerintah sudah membuka akses jalan menuju Buntu Burake sepanjang 400 meter dan tempat parkir kendaraan yang menghabiskan dana APBD sekitar Rp800 juta. Pembangunan tahap kedua akan dianggarkan pada tahun anggaran berikutnya.
Guna terealisasi Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel pun mengelontarkan dana sebesar Rp1 miliar untuk pembangunan patung Yesus Kristus pada tahun anggaran 2013 mendatang.
“Bagaimana orang ramai mengunjungi Buntu Burake, itu yang akan diciptakan lebih dahulu. Pembangunan kawasan wisata rohani Buntu Burake merupakan program berkelanjutan,” ujarnya.
Theofilus optimistis pembangunan kawasan wisata rohani dan patung Yesus Kristus Raksasa di Buntu Burake akan lebih meningkatkan pariwisata Tana Toraja. Wisatawan yang datang tidak lagi hanya menikmati adat istiadat, seni dan budaya Toraja juga bisa melakukan wisata rohani sambil menikmati pemadangan alam Toraja yang indah.
Semakin banyak turis datang ke Tana Toraja akan juga memberikan keuntungan bagi masyarakat setempat. Semakin lama wisatawan tinggal di Toraja semakin banyak pula mereka menghabiskan uangnya untuk daerah dan masyarakat Tana Toraja.
“Wisatawan punya banyak pilihan selama berada di Toraja. Mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata rohani. Itu juga akan membuat wisatawan lebih banyak dan akan lebih lama tinggal di Toraja. Kawasan wisata rohani dan Patung Yesus Kristus berukuran raksasa di Buntu Burake akan menjadi ikon baru kabupaten Tana Toraja sebagai,” ujar Theofilus optimis.

0 komentar: