SELAMAT DATANG DI SOLATA BLOG SEMOGA KUNJUNGAN ANDA PADA BLOG SEDERHANA INI MEMBERIKAN INFORMASI YANG ANDA BUTUHKAN.

Kuburan Unik Hanya Ada di Toraja

| 0 komentar
Keunikan lain Tana Toraja adalah budayanya yang begitu kental dan masih bertahan hingga sekarang, khususnya dalam hal ritual kematian dan penguburan orang yang telah meninggal dunia. Di sinilah Anda bisa melihat berbagai macam jenis kuburan. Mulai dari kuburan berupa peti yang digantung seperti halnya di Buntu Pune dan Ke’te’ Kesu’, kuburan di dalam goa seperti di Londa, kuburan dalam pahatan tebing di Lemo, atau kuburan bayi yang berada di dalam batang sebuah pohon seperti yang ada di Kambira. Karena itu, tidak mengherankan jika Tana Toraja yang berjarak sekitar 320 km dari Makassar ini masuk dalam daftar sementara warisan budaya dunia dari UNESCO.
 Berikut Ini Jenis Kuburan Yang ada Di Toraja



1. Kuburan Batu " Liang"


  
Kuburan ini di buat dengan cara membuat lobang di tebing tebing batu, proses pembuatannya memakan waktu yang lama bahkan sampai betahun tahun karena masih menggunakan cara tradisional. Kuburan Jenis ini Sangat banyak di jumpai di Toraja. Seperti di Kete Kesu, Londa, Lemo dan tempat tempat lain 






2. Kuburan Pohon " Passiliran" Baby Grave

  
Jenis kuburan ini adalah kuburan untuk bayi yang masih sangat mudah yang baru lahir 
beberapa hari. Kuburan ini dibuat dengan cara membuat lobang pada sebuah pohon yang
 berukuran besar. kemudian memasukkan jenasah yang akan dkubur dan menutup 
kembali pohon dengan ijuk dari pohon aren.
Jenis Kuburan ini dapat di Temukan di Kambira, Kecamatan Sangalla.

3. Kuburan Gantung

    
Kuburan ini di buat dengan cara menggantung Peti yang berisi jenasah di tebing tebing Batu. Kuburan Jenis ini dapat di jumpai di beberapa tempat di Toraja.

4. Patane

  

Kuburan ini di buat berbentu Rumah kecil yang memiliki model dan ukuran yang 
bervariasi. untuk membuat kuburan ini orang Toraja tidak tanggung tangung 
mengeluarkan biaya yang besar bahkan sampai miliaran Rupiah. Kuburan jenis ini sangat banyak di jumpai di Toraja di semua wilayah Toraja.

Itulah di atas beberapa jenis kuburan yang ada di Toraja yang ada beberapa yang hanya ada di Toraja dan kemungkinan masih ada jenis kuburan kuburan yang ada di toraja.


Ditulis oleh:

0 komentar: